Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

9 cara mengatasi rematik dengan alami pada lansia


Rematik from pinterest

Rheumatoid arthritis atau rematik perupakan penyakit yang disebabkan oleh peradangan sendi akibat ganguan sistem kebebalan tubuh atau aoutoimun.Umumnya penyakit ini ini menyerang pada lansia umur 40 tahun ke atas tapi bisa terjadi juga pada ibu hamil dan remaja.Kebanyakan wanita lebih memiliki potensi rematik lebih besar dari pada laki-laki.

Rematik dapat menyerang hampir seluruh bagian sendi tubuh manusia tapi kebanyakan menyerang pada pergelangan tangan,jari tangan,lutut kaki,dan pergelangan kaki.

Bagi lansia biasanya memiliki gejala mudah lelah,mengakibatkan susah bergerak dan rasa sakit seluruh tubuh terutama saat berjalan ada juga yang mengalami pembekakan sendi.

Perbedaan rematik dan asam urat

terkadang orang awam tidak mengetahui perbedaan penyakit ini secara singkat rematik menyerang pada sendi akibat aoutoimun yang menjadi peradangan pada sendi yang menyebabkan rasa nyeri pada  kedua sisi tubuh.gejalanya hampir sama dengan asam urat seperti rasa panas dan pembekakan.

asam urat terjadi akibat penumpukan asam urat disendi,tulang dan jaringan tubuh.Biasa akan ada rasa nyeri secara tiba-tiba sesudah memakan makanan yang tinggi purin seperti makanan laut kepiting,udang dan kerang sejenis daging sapi dan jeroan dari sayur asparagus ,pete dan jengkol.Bisa juga disebabkan dari faktor keturunan dan lain-lain.

Berikut cara mengobati rematik secara alami:

1.Kunyit

Bahan aktif di kunyit yaitu curcumin terbukti  mampu mengurangi pembengkan dan rasa nyeri penderita rematik.Curcumin berfungsi untuk memblokir protein berlebihan yang menyebabkan radang pada sendi dan meredakan rasa sakit.Kunyit juga memiliki senyawa anti-inflamasi yang bisa di guanakan untuk penyakit rematik.Adapun herbal lain yang tinggi zar anti-inflamasi seperti kayu manis,lada hitam dan lada putih, safron,timi cengkeh serta jahe.


2. Jahe

Mahasiswa Jurusan Fakultas Ilmu Kesehatan Universita Surabaya (UMS) pada hari jum'at 8 september 2017 Esti Rahayu mengolah Jahe untuk di jadikan balsem yang berkhasiat menghilangkan rasa nyeri pada penderita rematik.

Mbak Esti berkata Jahe memiliki anti-inflamasi atau anti nyeri yang dapat menghilangkan rematik.Selain itu jahe juga bermanfaat untuk menghaluskan kulit jadi sangat cocok di jadikan balsem.

proses pembuatan balsem jahe ini sangat sederhana yaitu:

1.Jahe di kupas lalu diparut lalu diekstrak meenjadi minyak jahe setelah itu campur dengan vaselin, mentol,pappermint, asam stearat dan minyak zaitun.

2.panaskan bahan sampai meleleh dan mencampur dengan rata setalah itu dinginkan dan tunggu salama dua hari.Balsem ini tidak lengket saat digunakan dan beraoma wangi yang khas.

Awalnya ini hanya untuk skripsi tetapi Dosen penguji Mbak Esti berkata balsem jahe ini saat diriset membuktikan ada penurunan skala nyeri pada lansia.

3.Olah raga ringan

Olah raga ringan sangat bagus untuk menguatkan otot dan sendi pada tubuh sehingga protein yang berlebihan dapat dibakar.

penelitian menemukan orang yang suka berolah raga secara teratur dapat meningkatkan kualitas tidur dan kelelahan pada penderita rematik.

pilihlah olah raga ringan seperti jalan santai.bersepeda,dan senam seperti yoga tetapi jangan berlebihan agar rasa nyeri tidak datang saat berolah raga.

4.yoga & taichi

Senam  yoga dapat mengurang nyeri secara alami dan peradangan sendi pada penderita rematik yoga sendiri dapat meningkatkan kualitas hidup.

penelitian menemukan seorang yang berlatih yoga selama  6 minggu dapat meningkatkan suasana hati,mengurangi kelelahan nyeri kronis pada wanita muda.

Beladiri Taichi yang berasal dari tiongkok yang terkenal Donnie Yen di  film Ip Man taichi dapat menguatkan mental,menyehatkan jantung dan dapat mengatasi masalah pada persendian

Sebuah penilitian mengatakan seseorang yang berlatih taichi secra teratur akan membuat sendi-sendi terlatih.Latihan ini menekankan pentingnya postur dan gerakan yang tepat untuk melindungi dan memperkuat sendi pada tubuh.


5..Bunga kumis kucing

Daun kumis kucing memiliki beberapa manfaat seperti mencegah darah tinggi obat ginjal dan menngobati rematik.Ekstrak daun kumis kucing memiliki kandungan enzim flavonoid yang mampu meringkan rematik.

Cara mengkonsumsinya dapat di makan langsung setelah di cuci atau rebus 5 lembar daun kucing dan 3 gelas air putih.konsumsi tiga kali sehari dapat diminum saat hangat atau dimgin.


6.Daun singkong dan beluntas

Kedua jenis daun in dapat dijadikan obat rematik karena keduanya memiliki kandungan anti-inflamasi yang dapat mengatatasi peradangan sendi.Cukup di buat sayur anda akan mendapat manfaat tanaman ini.

shopee.co.id


7. Brotowali

Bagi kalian penggemar jamu pasti sudah akrap dengan jamu brotowali.warna hitam dan rasa pahit banyak orang yang tidak suka tetapi di balik rasanya yang khas jamu brotowali mengandung senyawa harsa,glikosa,palmatin dan kolilin yang berfungsi mengobati demam ,rematik dan beberapa jenis penyakit kulit.Jika tidak tahan dengan rasanya pahitnya handa dapat membeli kapsul atau bubuk brotowali.


.8.Bawang putih
Dikutip dari ResearchGate.net bawang putih adalah obat alami yang terbukti berpontesnsi untuk radang sendi.Kemajuan ilmu kedokteran dan penelitian memungkinkan mengekploitasi bebagai senyawa bawang putih untuk dijadikan obat alami.Seperti obat Nanoformulasi obat artritis penyakit sendi atau rematik.
9.Kompres dengan es atau air hangat
Banyak dokter yang telah merekomendasikan menggunakan air hangat atau es untuk meringankan saat rematik.Mengkompres dengan air dingin dapat mencegah pembekakan dan peradangan sendi.Saat di kompres dengan air hangat dapat melemaskan otot-otot yang mengencang kalian dapat juga menggunakan salep,koyo atau balsem.  
Anda dapat juga mengkonsumsi:
  • suplemen minyak ikan
  • suplemen prebiotik 
  • yogurt
  • konsumsi  buah dan sayur
mulai perbaiki pola makan dan gaya hidup yang lebih sehat agar terhindar dari berbagai penyakit lainnya khusunya lansia.Selain itu terapi pijat yang disarankan oleh dokter juga baik untuk meringankan rasa sakit pada sendi.







nipon-eden genkibud:,tips kesehatan genkibud

Post a comment for "9 cara mengatasi rematik dengan alami pada lansia"