Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

wisata bunga sakura di jepang

wisata bunga sakura
sumida city jepang

 Jepang merupakan negeri kepulauan yang di pimpin oleh pedana mentri memiiki empat musim seperti musim panas,gugur,dingin dan musim semi.Negeri para samurai ini terkenal akan tempat wisata yang menakjubkan,Banyak sekali kastil peninggalan nenek moyang mereka yang sekarang di jadikan tempat wisata.

Banyak tempat terkenal yang sering di kunjungi turis manca negara seperti  tokyo jika,kalian senang mendaki ada baiknnya kalian coba gunung fuji yang terlekak di yamanashi sebelah barat tokyo.Jika kalian ingin menikmati bunga sakura sebaiknya kalian bisa datang pada musim gugur.

Cherry blossoms atau bunga sakura akan berbunga pada bulan maret sampai bulan mei terganggung daerah mereka tumbuh.Seperti kyusu di fukuoka negara jepang  bagian selatan  bunga sakura akan berbunga dari bulan maret sedangkan di sopporo jepang paling atas(bagian utara jepang) sekitar bulan april sampai mei.Penyebabnya adalah perbedaan suhu dan tingkat cuaca.


sakura moment

fukuoka jepang terletak di pulau selatan jepang yang daerahnya terbilang hangat pada musim dingin salju akan cepat hilang saat siang hari terkecuali daerah gunung dan perbukitan.Berbeda dengan daerah hiroshima sampai sapporo pada musim dingin salju tidak akan mudah cair pada siang hari.

Inilah salah  satu penyebab kenapa mekarnya bunga sakura tidak sama pada satu daerah.Baik turis manca negara sampai orang jepang sendiri sangat menyukai bunga sakura serta akan banyak acara yang dibuat untuk menikmati bunga sakura dari pelajar sampai festival yang diadakan pemerintah daerah.


Bunga Sakura

Bunga sakura memiliki  200 jenis di antaranya:

1.Bunga Sakura Edohigan 

Bunga sakura edogihan adalah  yang pertama mekar nama bunga ini di ambil dari kata higan.yang berdasarkan waktu mekar bunga ini bertepatan dengan spring equinox.

spring equinox berarti penanda awal pergantian musim dingin ke musim semi di jepang.Bunga sakura ini berwarna merah muda pucat dan berkelopak kecil.Bunga edogihan ini berumur  panjang sampai 2000 tahun dan banyak tumbuh diwilayah yamanashi di tokyo sebelah barat dari awal bulan apri sampai akhir bulan

2.bunga sakura ichiyou

ichiyou yang berarti 'satu daun'bunga ini memiliki 20-40 kelopak kharakter bunga ini yang menojol pada saat semua kelopak bermekaran.putik bunga ini akan terlihat seperti sehelai daun hijau di tengah-tengah bunga dan populer di daerah asakusa.

Asakusa merupakan kota di distrik taito banyak sekali turis yang datang untuk melihat dan naik di tokyo syktree.Asakusa merupakan salah satu tempat wisata terkenal di tokyo dan seluruh jepang.

3.Bunga Sakura Shidarezakura

shidarezakura dalam bahasa indonesia berarti 'ceri menangis' atau sakura menangis nama bunga ini di ambil dari kharakter bunga yang tumbuh diranting dan menunduk kebawah.

bunga ini merupakan simbol dari prefektur kyoto dan salah satu bunga yang ada di kyoto ini sudah tumbuh lebih 1000 tahun lalu.

masih ada banyak jenis lainnya seperti:

  • yamazakura
  • kanzakura
  • hikanzakura
  • somei yoshino
  • kawazusakura
  • kikuzakura dll
Beberapa oleh-oleh khas jepang yang bisa kalian beli:

1.kokeshi

boneka kokeshi



 
kokeshi adalah boneka dari kayu yang dibuat menyerupai wajah,namun biasanya tidak memiliki kaki dan tangan.Sangat unik dan lucu apalagi bagi perempuan.

2. Topeng kabuki

topeng kabuki
image from shopee.co.id
Topen ini biasanya dipakai saat teater yang memiliki sejarah yang panjang,awal mula topeng ini mulai digunakan pada tahun 1603.Termasuk peninggalan tradisinal khas jepang.

3.Daruma
boneka daruma
image from amazon.com



Daruma merupakan boneka yang terbuat dari kayu yang berukuran cukup besar dan sangat dikaitkan dengan bodhidarma shaolin.

4.Wagasa


payung wagasa



 merukan payung khas jepang yang terbuat dari bambu daj kertas khas jepang.ini hanya untuk pajangan atau pada musim panas saja untuk melindungi kulit dari sinar matahari.

jika kalian ingin menikmati musim bunga sakura ada beberapa hal yang harus kalian perhatikan pertama adalah tempat terbaik melihat bunga sakura karena banyak sekali tempat wisata yang tumbuh bunga sakura kemudian jangan sampai salah waktu tahu-tahu bunga sakura sudah gugur atau gundul tinggal daunnya saja.

Bunga sakura hanya bertahan satu minggu

Umumnya bunga sakura hanya bertahan satu minggu setelah bermekaran setelah berguguran akan berganti dengan daun berwarna hijau.Pastikan kalian berhati-hati dengan hal ini jika sampai terlewat akan sangat disayangkan.Sudah jauh ke jepang untuk melihat sakura karena salah memilih waktu bunganya sudah berguguran atau gundul.

Dijepang sendiri bunga ini di tanam di daerah kastil tempat wisata , pinggir jalan sampai di tepi-tepi sungai saya sarankan cari tempat yang lebih sepi agar kalian bisa menikmati bunga sakura lebih lama.

biasanya pada musim sakura sesekali akan turun hujan ada baiknya kalian membawa payung lipat agar saat pulang tidak kehujanan.

pada musim sakura orang jepang memiliki kebiasaan yang di sebut hanami tradisi jepang sejak dulu menikmati mekarnya bunga sakura.Biasanya mereka akan menggelar tikar-tikar di bawah pohon sakura sambil membawa bekal dalam bahasa jepang di sebut bento.Baik dengan keluarga,teman atau rekan kantor.

Saran saat di wisata ke jepang

Bawa minuman dari rumah,jika anda ingin besantai menikmati bunga sakura jangan lupa tikar 100 yen ada murah meriah harga 105 yen atatu sekitar Rp.13000 tergantung kurs saat ini.

Alangkah baiknya kalian datang lebih awal agar dapat momen lebih lama pada musim sakura .Jangan menbawa jaket tebal karena udaranya tebilang tidak terlalu dingin ada juga yang hanya memakai kaos biasa.Cukup bawa jaket tipis saja jika,kalian yang tidak tahan dengan hawa dingin.

Ada juga saat hanami khusunya wanita akan mengenakan baju khas negeri samurai yang disebut yukata.Kalian dapat dengan mudah menjumpainya seperti di kereta atau terminal bus kebanyakan orang jepang biasa menggunakan sarana tranformasi umum karena aksesnya yang mudah sampai pelosok daerah mereka terkhusus kereta.

Menggunakan fasilitas umum sudah menjadi kebiasaan mereka hanya sebagiaan kecil yang menggunakan kendaraan pribadi.Jika letak bunga sakura mekar di daerah tempat yang terpencil atau sarana kereta api tidak sampai.Umumnya mereka akan naik kereta sampai pemberhentihan kereta terakhir setelah itu dilanjutkan dengan taksi masih terbilang murah untuk ongkosnya.

saya sendiri pernah melakukannya bersama teman satu kerjaan dan guru bahasa jepang pada saat acara yang di lakukan oleh nihongo gakkou (sekolah bahasa jepang)yang di adakan oleh sensei saya untuk di buat momen sekolah dan untuk menyimpan momen saat bersekolah saat kami pulang dari jepang bisa dijadikan kenangan saat-saat di jepang.

nipon-eden genkibud:,tips kesehatan genkibud

Post a comment for "wisata bunga sakura di jepang"