Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

menggapai hidup tenang ,bahagia dengan meningkatkan iman

 Assalamualaikum sobat muslim



Apa yang kita inginkan dalam hidup ini,harta benda berupa kekayaan ,rumah, banyak istri atau jabatan semua itu belum tentu dapat mendatangkan kebahagiaan dalam hidup.

Lantas sebenarnya apa yang dicari kita butuh makan untuk kelangsungan hidup yaitu dengan bekerja kita dapat menghasilkan uang untuk mencukupi semua kebutuhan ,apa cukup dengan ibadah saja kita dapat menggapaai hidup yang tenang.

Tidak seperti mau kaya atau miskin yang terpenting adalah hati,qolbu kita yang kuat dan yakin terhadap semua janji Tuhan ,jika kita taat dengan mengejar Allah dunia yang akan mengejar kita,bukan sebaliknya.

Saya percaya semua janjiNYA tapi kenapa masih miskin hidup tak tenang,Semua itu karena lemahnya iman kita termasuk saya masih lemah dalam iman.

Lemahnya Iman sesorang mempunyai  beberapa penyebab berikut penjelasannya:

1.Kerasnya hati melemahkan iman

Hati sesorang dapat menjadi keras karane dosa baik disengaja ataupun tidak,biasanya orang yang sudah taat akan sangat peka dengan perubahan prilaku mereka.Tapi jika orang awan masih jauh dari hal itu.

Wahyu Allah.

“Belumkah datang waktu bagi orang-orang yang beriman, untuk tunduk hati mereka mengingat Allah dan kepada kebenaran yang telah turun (kepada mereka), dan janganlah mereka seperti orang-orang yang telah sebelumnya diturunkan Al-Kitab kepdanya, kemudian berlalulah masa yang panjang atas mereka lalu hati mereka menjadi keras. Dan, kebanyakan di antara mereka adalah orang-orang yang fasih.” (Al-Hadid : 16)

2.turunnya iman

Dalam satu ceramah ust Hanan Attaki iman kita ibarat hp yang bisa lobet jika tidak dicass, jika hati kita jarang disiramin siraman rohani seperti membaca Al-Qur'an berdzikir iman kita dapat sangat cepat drop atau lemah  dalam hitungan jam bahkan menit.

Setidaknya langkah yang kita ambil adalah mengikuti pengajian atau mendengan lewat sarana yang kita miliki.Orang yang sudah biasa mendengarkan ceramah walaupun lewat hp setiap hari.Akan merasa perasaan tidak nyaman jika belum mendengarkannya.

3.Kurang menggali ilmunya

kurang mencari ilmu syariat khususnya yang berhubungan dengan iman,selain diatas dengan anda berusaha mebaca buku-buku tentang agama sedikit demi sedikit iman anda akan naik.

karena iman itu dapat juga diartikan seperti tanaman jika tidak disiram dan dipuupuk dengan benar akan layu bahkan jika hidup tidak akan kokoh, rapuh dengan iklim dan cuaca.

4.salah memilih teman

Ada baiknya anda perhatikan teman dan lingkungan tempat anda tinggal apalagi para remaja yang belu tahu rasanya beban dalam hidup.walaupun Iman anda kuat tapi jika teman sekitar anda sering melakukan hal buruk,maksiat serperti mengkonsumsi minuman berakohol itu dapat menurunkan iman anda

Kisah orang alim terdahulu beliau biasanya sangat mudah menghafal hadist Rosullah bahkan saat membaca buku beliau akan menutup sebelah lembar buku yang dibaca,takut jika hapal.

Tapi suatu ketika beliau merasa hapalanya berkurang dari biasanya lantas bertanya kepada guru apa penyebabnya ternyata dosa.Sepanjang perjalanan beliau menangis ternyata dosa melihat orang tak berhijab di pasar yang dilewati.

5.Sibuk mencari harta benda

Karena terlalu sibuk bekerja lantas tidak sholat,itu yang seing terjadi dimasyakat umum termasuk kami masih jauh dari kata taat.Hal tersebut dapat meredupkan hati dan iman kita.

Rasululah SAW pernah berkata,

“Cukuplah bagi salah seorang di antara kamu selagi dia di dunia hanya seperti bekal orang yang mengadakan perjalanan,” (HR. Ath-Thabrani).

Sibuk mengurusi harta benda, istri dan anaka-anak. Allah telah berfirman mengenai hal ini,
“Dan ketahuilah bahwa hartamu dan anak-anakmu itu hanyalah sebagai cobaan.” (AL-Anfal:28)

6.Kurang bersyukur

Kekurangan harta benda itu tidak apa-apa kerana hidup itu berputar kadang kaya kadang miskin.Tapi ada baiknya kita minta agar diberi harta benda agar dapat besyukur jangan sebailiknya

Karena sabar itu sangat berat serta berangan-angan yang serba muluk-muluk atau mewah.

Allah telah berfirman,

“Biarkanlah mereka (di dunia ini) makan, bersenangdan dilalaikan oleh angan-angan kosong, maka kelak mereka akan mengetahui akibat (perbuatannya).” (QS. Al-Hijr : 3)

7.Berlebihan dalam suatu hal

Berlebih-lebihan dalam masalah makan, tidur, berjaga pada waktu malam tanpa alasan tertentu serta berbicara yang tidak perlu semua itu dapat melemahkan iman kita.

Selain yang tertulis diatas adapaun langkah yang dapat kalian ambil untuk meningkatkan iman yaitu 

Dalam satu ceramah Habib Nobel Alaydrus yang bejudul "meraih hidup tenang "

sholawat penguat hati
Sholawat penguat hati


secara singkat saya jelaskan langkah yang dapat meningkatkan iman kita.Banyak mengucap lailla ha illallah secara rutin,selain itu perbanyak bersholawat kepada Nabi Muhammad Saw dapat melebutkan hati yang keras.

Jika itu sudah dilakukan jangan lupa perbanyak istigfar karena kita makluk yang mudah lalai banyak dosa.Terkhir yang dapat kami sampaikan minta kepada Allah agar diberi kemudahan dalam hidup dan agar iman kita bertambah setinggi-tingginya dan tidak turun.

Singkat cerita terima kasih atas waktu yang anda luangkan untuk membaca tulisan ini jika ada salah mohon maaf dan komen agar kami tahu.

Semoga dengan artikel ini dapat menjadi sarana ibadah dan menguatkan iman kita Amin

Wassalamualaikum.wr.wb


nipon-eden
nipon-eden Minna blog informasi senikmat madu

Post a Comment for "menggapai hidup tenang ,bahagia dengan meningkatkan iman"