Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

12 tips menghemat uang untuk masa depan

 11 tips menghemat uang untuk masa depan


11 tips meng hemat uang untuk masa depan
 menghemat uang untuk masa depan

Beberapa orang memiliki kebiasaan buruk dan cenderung menghabiskan gaji bulanan mereka untuk barang dan hal-hal yang tidak terlalu penting.Biasanya terjadi kaum muda yang baru saja mulai bekerja.

Mereka lebih suka mengikuti gaya pakaian, sepatu, dan membeli ponsel terbaru atau untuk memainkan game yang tidak perlu dengan teman-teman tanpa batasan, daripada menyisihkan pendapatan untuk menghemat uang.

Apakah Anda salah satu dari orang-orang yang disebutkan di atas?

Tidak perlu menyesali apa yang terjadi, tentu pasti meningkatkan masa depan Anda untuaku, dalam artikel ini kami akan mencoba memberikan beberapa tips yang dapat memotivasi diri Anda untuk menabung uang dari pada menyimpan barang.

Saat ini, koneksi dan Internet penting. Koneksi bahkan dapat dikatakan sebagai kunci keberhasilan keuangan seseorang. Sedangkan sumber informasi internet dan pemasaran serta iklan jika Anda seorang wirausahawan.

Manfaat punya teman

Dengan teman dan internet Anda bisa mendapatkan banyak koneksi dalam bersosialisasi dengan banyak orang. Tetapi untuk menjadi seseorang yang secara aktif bersosialisasi biasanya akan ada beberapa hal yang dikorbankan.

Waktu Anda pasti, tetapi menghabiskan uang juga tidak dapat dihindari. Semakin banyak Anda bersosialisasi, semakin banyak uang terbuang sebagai biaya yang harus Anda habiskan.

Jika sudah dilakukan bagaimana menjaga itu ekonomis meskipun Anda harus bersosialisasi? Berikut adalah beberapa tips terbaik bagi Anda yang ingin menghemat uang tanpa mengorbankan kehidupan sosial masyarakat:


1. Analisis Biaya Bulanan

Anda perlu melakukan analisis kecil pengeluaran bulanan dan kebiasaan pengeluaran Anda untuk mencari tahu apa yang menyebabkan pengeluaran Anda membengkak (boros).

Tidak semua belanja itu buruk. Karena benar-benar ada belanja yang diperlukan untuk memenuhi kebutuhan dan merifresh atau berbelanja yang Anda sukai. Sehingga anggaran membengkak.

Dengan mengetahui hal ini, Anda dapat mengurangi beberapa kebiasaan boros berbaring. Mungkin Anda hanya perlu teman untuk mengobrol, berjalan-jalan dan mencari toko untuk menikmati secangkir kopi setelah bekerja. Jadi Anda hanya perlu menyiapkan uang untuk membeli kopi, tidak perlu membawa kartu ATM atau kartu utang (kartu kredit) yang dapat menyebabkan Anda menghabiskan lebih banyak.

2. Hindari kartu kredit

Bagaimana menghemat yang juga umum diajarkan oleh banyak motivator atau perencana keuangan adalah dengan menghindari penggunaan kartu kredit. Karena dapat menambah beban hutang pada tagihan yang harus dibayar setiap bulan tanpa mengetahui besarnya.

Penggunaan kartu kredit perlu dikurangi atau bahkan dihindari jika tidak sia-sia dalam mengendalikan biaya, sulit untuk menangani gaya atau godaan fashian. Karena itu, cobalah membeli dengan uang tunai atau dengan uang. Sehingga tidak meningkatkan biaya karena pengeluaran kartu utang, yaitu kartu kredit.

3. Temukan solusi dari boros

Ada banyak hal yang menyebabkan orang membelanjakan uang di luar apa yang mereka butuhkan. Finah tergoda atau telah menjadi kebiasaan yang ditinggal sendirian.

Salah satu tabungannya, karena mereka memiliki banyak waktu luang di luar jam kerja yang mereka lakukan untuk menghilangkan rasa. Begitu banyak untuk menemukan solusi lain untuk mengisi waktu luang ini.

Kadang-kadang seperti ini, untuk menghilangkan kebosanan sehari-hari di depan ponsel atau laptop untuk bekerja dari rumah, Anda dapat mengisi waktu luang Anda dengan hobi Anda seperti bermain musik, bahkan rehabilitasi pendek untuk berat ringan atau menikmati keluarga tanpa hati-hati profesi..

4. Gunakan voucher atau diskon saat ingin belanja

Seiring dengan perkembangan di berbagai bidang, terutama di bidang teknologi diskon, itu akan sangat membantu Anda menghemat. Anda dapat dengan mudah menemukan berbagai vocher diskon dari berbagai sumber bahkan datang ketoko langsung akan ada label diskon.

Anda hanya perlu melakukan sedikit usaha untuk menemukannya. Anda dapat terus menikmati hidup yang Anda miliki saat menabung, tentu saja.

Berhati-hatilah dengan diskon?

Terkadang kebiasaan buruk itu boros, bisa saja terjadi tanpa disadari uang habis. Jika iya, salah satu penyebabnya adalah karena ada barang yang langsung didiskon untuk dibeli tanpa pikir panjang. Seharusnya menghemat uang untuk masa depan, bahkan kerugian finansial Anda.

5. Target untuk masa depan

Seseorang yang memikirkan masa depan biasanya cenderung bisa memotivasi dirinya sendiri untuk bisa mengontrol keuangan. Selain itu, kondisi saat ini yang mereka hadapi lebih penting mengikuti gaya, misalnya busana pria dan wanita sama-sama. Atau lebih mementingkan kebutuhan dasar dengan syarat apa yang dimilikinya masih layak.

Contoh lain kebutuhan pernikahan di masa depan, membangun rumah semua itu membutuhkan modal, apalagi jika Anda termasuk kriteria yang tidak ingin merepotkan orang tua dan saudara Anda.

6. Belajar disiplin  keuangan

Orang yang sering meremehkan sesuatu cenderung meremehkan disiplin menabung. Besok masih ada waktu dan kesempatan. Padahal ada peluang yang sangat sulit didapat dengan mudah tanpa perjuangan.

Anda harus memotivasi diri sendiri untuk disiplin menabung, agar kelak bisa sejahtera yaitu dengan disiplin menabung.

7. Menghemat uang saat awal gajian

Saat pertama kali menerima slip gaji, sisihkan dulu untuk menabung minimal 10-30 pesrsen dari gaji Anda. Setelah itu Anda tinggal membagi sisanya sesuai kebutuhan Anda secara adil. Pencatatan pengeluaran yang akan terjadi dapat membantu mengatur distribusi uang di setiap hari gajian. Dan jangan menghabiskan uang terlalu banyak. usahakan target bulanan tetap ada, untuk kebutuhan tak terduga atau untuk membeli barang yang anda inginkan.

8. Belilah barang lebih berkualitas dari pada murah cepat rusak

Ada kalanya Anda tidak ingin membeli suatu barang tetapi karena alasan tertentu seperti rusak, hilang atau sehingga Anda harus membelinya. Misalnya membeli laptop bekas, karena tergiur dengan harga yang murah kamu membelinya tanpa pikir panjang padahal belum tentu awet. Bisa rusak setelah satu bulan Coba Anda kasih sedikit tapi barang yang Anda beli lebih awet dan berkualitas.

Padahal barang bekas mencari harga yang masih masuk akal, tidak terlalu mahal dan terlalu murah agar tidak cepat rusak. Kebutuhan yang menunjang Anda sangat penting untuk pekerjaan, sehingga lebih selektif dalam membeli barang apapun.

9. Belajar apa adanya

Yang kita maksud adalah mengetahui dulu kemampuan kita untuk membeli barang apa saja, misal mau beli mobil tapi cuma punya uang dp, susah susah bersedih.

Yang kita punya, syukurlah, masih ada motor, tenaga hemat dulu, hemat. Karena beban hidup kita akan bertambah besar, yang semula cukup Rp.1.500.000 cukup dalam satu bulan, bahkan minus.

Jika Anda sudah mengetahui banyak sekali hutang untuk menghemat uang, mengetahui batasan Anda dan bersikap lebih sederhana adalah salah satu kunci kesuksesan orang sukses.

10. Buka tabungan khusus

Terakhir, Anda juga dapat berbagi penghasilan untuk menghemat uang atau tabungan masa depan. Anda tidak perlu melakukan banyak pekerjaan rutin setiap bulannya, agar Anda menjadi kebiasaan yang baik. Dengan demikian Anda bisa lebih tahu yang mana uang jajan, makanan dan tabungan pribadi.

11. Mengubah pola pikir (mindset)

Selain itu, maaf! Padahal kamu sudah membuka rekening tabungan atau menyisihkan uang sendiri untuk fashion atau bermain bersama teman. Jika tidak bisa menahan, bukan berarti pelit tapi sesuai target uang makan atau bahkan biaya bensin akan terpakai jika meremehkan atau mengira masih ada uang di tabungan.

Jika demikian, Anda akan sangat sulit menabung. Lihatlah berapa uang jajan Anda dalam satu bulan selain biaya makan dan perjalanan (uang bensin), jangan membeli apapun selain tarjet. Lebih baik bersabar sebentar.

Karena kita tidak tahu masa depan, sekarang uang banyak tapi besok, Satu bulan yang akan datang, tidak perlu tahu di masa depan apakah kita tahu pasti rejeki kita. Setiap manusia memiliki suka dan duka dalam rejeki, Kami tidak bisa menolaknya.Cara terbaik untuk mengatasinya adalah dengan rajin menabung.

12.Kurangi rekreasi dan wisata yang berlebihan

Kita pasti tahu,rkeasi sangat butuh uang walaupun nilainya kecil bagi anda yang suka mencari hiburan dengan rekreasi.Dipikir lebih matang tahu kondisi dan target masa depan anda.Banyak kok cara menghibur diri seperti sering dengan teman atau menghabiskan dengan hobi yang bermanfaat.

Kalau sesekali dalam sebulan tidak jadi masalah,tapi jika satu minggu satu kali ya sayang waktunya.KOk jadi banyak tambahan ya maaf 


nipon-eden genkibud:,tips kesehatan genkibud

Post a Comment for " 12 tips menghemat uang untuk masa depan"