Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

budaya jepang yang terkenal

budaya jepang yang terkenal yang masih ada hingga masa kini

budaya jepang yang terkenal



Siapa yang tidak tahu negara jepang,yang terkenal akan anime dan manga seperti naruto,tapi ada banyak lagi yang harus anda ketahui terutama budaya yang masih ada dinegeri matahari terbit.

seperti indonesia jepang juga memiliki budaya yang terkenal dan masih ada sampai sekarang walaupun sudah ada perkembangan dalam segala aspek terutama gaya hidup dan tehnologi.

Pengertian budaya

menurut E.B.Taylor
: budaya adalah suatu keseluruhan yang kompleks meliputi kesusilaan, kepercayaan, hukum, adat istiadar, seni, dan juga semua kebiasaan yang diperoleh melalui pewarisan dalam masyarakat.

Adapun budaya yang masih ada dan terkenal sampai manca negara sebagai berikut:

1.hanami

hanami jepang


Hanami merupakan sebuah tradisi besar yang banyak ditunggu masyarakat Jepang. Tradisi ini dilakukan untuk menyambut bunga sakura yang bersemi(mekar). Jadi, Hanami ini akan dilakukan pada bulan awal bulan April-mei tergantung daerah tumbuhnya bunga ini.Pada saat Hanami datang, masyarakat Jepang bisa mengagumi keindahan sakura yang mekar bersama keluarga dan teman 

2.Origami

budaya origami
oriigami


Budaya Jepang lain yang terkenal di seluruh dunia adalah kesenian origami.Origami ini banyak dipelajari anak-anak untuk mengasah daya pikiran. Uniknya lagi, kesenian origami bisa membuat sebuah kertas menjadi berbagai macam bentuk. Karena kesenian origami ini sangat terkenal, tidak heran jika banyak wisatawan asing yang ingin belajar kesenian origami.

3.Hanabi

hanabi jepang


Musim panas mulai marak festival bunga api dijepang,ya betul festival hanabi susah menjadi rutinitas dan budaya bagi mereka.Awal mulainya bulan juni-agustus secara bergantian dan berurutan dari berbagai pulau.

Saat hanabi biasanya warga jepang lebih menggunakan tranformasi umum ini juga sudah menjadi kebiasaan bagi mereka.sejak dahulu salah satu penyebabnya larangan mengendarai mobil saat mabuk.

 4. Upacara Minum Teh

upacara minum teh jepang


Yup upacara minum teh, telah jadi salah satu budaya Jepang yang populer serta sangat unik. Sebab keunikan inilah, makanya banyak turis yang mau menjajaki upacara minum teh. Dapat dibilang, upacara minum teh ini merupakan metode buat menjamu para tamu secara tradisional.

Budaya yang unik ini pula menampilkan karakter dari tuan rumah dan bertujuan supaya terciptanya ketenangan antara satu sama lain. Terlebih dengan penyajian teh yang hangat serta dengan duduk santai memandang panorama alam indah dari negara sakura ini.

5. Tako

Tidak hanya unik, tako pula tercantum budaya Jepang lho yang mana sangat menarik. Buat melakukan tako umumnya warga Jepang hendak berkumpul di lapangan serta setelah itu bermain layang- layang. Kerennya lagi, desain layang- layang di Jepang ini berbeda dengan negeri lain. Umumnya, tako cuma hendak nampak dikala diselenggarakan festival kebudayaan saja.

6. Kimono

Budaya Jepang yang populer serta sangat khas merupakan kimono. Kimono ialah baju tradisional khas Jepang. Tadinya, kimono ini jadi baju tiap hari warga tradisional Jepang. Tetapi di era modern saat ini ini, kimono cuma digunakan buat kegiatan spesial seperti acara pernikahan lulus sekolah dan lain sebagainya. Walaupun demikian, kimono jadi budaya Jepang yang sangat dilindungi sekali kelestariannya serta tidak ingin mereka hingga melupakan budaya ini.

selain kimono ada yukata pakaian khas jepang ini biasa di pakai oleh wanita jepang saat acara hanami ataupun hanabi,tapi lebih banyak saat festival hanabi.

7. Ehomaki

Tradisi Ehomaki ialah sesuatu tradisi buat memakan sushi dengan kepala yang menghadap ke arah atas dipercaya dapat berikan keberuntungan. Di penerapannya, tradisi Ehomaki cuma berlangsung di Tokyo saja. Tetapi sebagian tahun terakhir, tradisi unik ini dicoba di banyak tempat yang bertujuan buat promosi toko- toko di Jepang. Ya biar menemukan untung pula nantinya para pengusaha.

Kebudayaan yang mengakar di lingkungan umum dan tempat kerja antara lain:

1. Rajio Taiso

Sehabis Perang Dunia II, memanglah pemerintahan Jepang melarang radio taiso. Sebab sangat berkesan militer. Tetapi saat ini telah boleh dicoba kembali dengan musiknya yang diperbaharui serta latihannya yang pula dimodernisasi.

Tidak hanya itu teknologi tv yang lagi terkenal mengalahkan radio sehingga membuat kegiatan Rajio Taiso sekali lagi meledak secara terkenal lewat siaran tv. Pada jaman modern dikala ini lumayan banyak industri,perusahaan serta sekolah melakukannya sebelum memulai pekerjaan ini nyata saya sendiri telah membuktikannya kurang lebih selama 3 tahun dijepang.Bahkan pekerja lapangan(genba) juga melakukan contohnya kuli bangunan,

Bedanya jika digenba tanpa musim cuma aba-aba dari leader. rutinitas pagi mereka saat sebelum melaksanakan kegiatan yang berat.

Tujuannya radio taiso menghindari kecelakaan dan masalah pada tubuh akibat kurang pemanasan tubuh di pagi hari.

2. Memohon Maaf dengan Dogeza ataupun Membungkuk

Kalau kita melaksanakan kesalahan di Jepang yang kita butuh jalani awal merupakan memohon maaf dengan membungkuk ataupun dogeza. Bila kamu memilah buat membuat alibi ataupun alasan, hingga kamu malah terus menjadi disalahkan.Nampak aneh ya bisa jadi dimata orang luar, tetapi budaya ini bisa jadi contoh kalau kala kamu bersalah janganlah membuat banyak alibi lagi, lumayan akui saja serta berjanji tidak melaksanakan lagi.

3. Budaya Antri Untuk Warga Jepang

Jepang pula sangat populer dengan budaya disiplin yang luar biasa. Jadi kala kamu terletak di negeri tersebut, tentu kamu hendak menemui nyaris seluruh tempat pelayanan universal serta rata- rata seluruh orang Jepang hendak antri dengan sangat tertib.Bagi mereka melanggar antrian ialah sikap yang sangat memalukan. Meski tanpa garis antrian yang mengaturnya, mereka bisa mengendalikan sendiri sehingga senantiasa nampak tertib serta apik. 

Budaya yang dapat kita tiru supaya tertib senantiasa.Semisal ada anak kecil yang sudah mengatri membeli tiket dibelakangya ada orang tua tetap anak kecil yang didahulukan.Karena memang adat mereka seperti itu.

Simbol yang Populer dengan Kebudayaan Jepang yang ada sampai sekarang

1. Sakura

sakura



Bunga sakura adalah bunga nasional Jepang dan simbol popularitas budaya Jepang. Bunga Sakura juga tumbuh di negara lain, namun keberadaan bunga sakura di Jepang sangatlah istimewa.Hebatnya lagi, di Jepang, ada festival melihat bunga sakura setiap bulan April untuk menyaksikan bunga sakura bermekaran.

Bahkan ada pakar yang bertugas mencatat spesies baru bunga sakura sekaligus merawatnya supaya tetap terjaga kelestariannya.

2. Geisha

Geisha bukan hanya bunga sakura, tapi juga simbol yang merepresentasikan keunikan budaya Jepang. Namun keberadaan geisha, seorang seniman Jepang, sudah dikenal sejak beberapa tahun lalu. Geisha pernah muncul tentang sejarah Jepang dan bercerita. Inilah mengapa geisha menjadi simbol budaya Jepang yang populer.

3. Samurai

Simbol budaya Jepang populer berikutnya adalah samurai.Samurai adalah profesi simbolis selama perang. Berkat samurai ini, Jepang telah menjadi negara yang terkenal dalam sejarah keluarga kerajaan. Oleh karena itu, peran samurai dalam budaya Jepang sangatlah berharga.

Sikap samurai yang tegas dan disiplin masih mengakar pada budaya mereka seperti kedisiplinan di tempat kerja dan rasa patuh yang tinggi terhadap atasan.

4. Gunung

gunung fuji jepang



Jepang adalah negara dengan banyak gunung berapi. Salah satunya adalah Gunung Fuji yang terkenal di dunia.Pegunungan Jepang juga merupakan tempat beberapa kegiatan tradisional. Terdapat banyak gunung berapi di Jepang, sehingga tidak heran jika gunung menjadi simbol popularitas budaya Jepang.

5. Kuil

Bangunan kuil adalah salah satu dari banyak bangunan di Jepang. Ini karena mayoritas orang Jepang menganut agama Buddha dan Shinto. Padahal, ada beberapa kuil terkenal yang banyak dikunjungi wisatawan setiap tahunnya. Oleh karena itu, tidak diragukan lagi popularitas kuil ini dapat dijadikan sebagai simbol budaya Jepang.

Tapi sekarang ada juga warga jepang yang tidak memiliki agama tapi masih percaya dengan takhayul dan dewa mereka,Aneh bukan

Saya kira cukup sekian mengenai budayaa jepang yang terkenal 

By:Tukang Pacoel

nipon-eden genkibud:,tips kesehatan genkibud

Post a Comment for "budaya jepang yang terkenal"