Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

8 Fakta Tentang Tertawa


Tertawa merupakan suatu ungkapan saat seseorang merasa senang. Dengan tertawa seseorang dapat meluapkan perasaan atau emosinya. Tertawa juga tak lepas dari fakta-fakta yang ada. bagi anda yang sering tertawa, anda harus mengetahui beberapa fakta tentang tertawa.

1. Anak-anak tertawa lebih banyak daripada orang dewasa. Anak-anak tertawa 400 kali dalam sehari sedangkan orang dewasa hanya sekitar 15 kali.

2. Lelucon membantu anak mengenal berbagai hal seperti hubungan sebab-akibat, perbendaharaan kata yang baru, etika sosial , dan lain-lain.

3. Anak yang memiliki selera humor yang baik memiliki kemampuan beradaptasi yang baik dengan teman-teman sebayanya.

4. Wanita tertawa 126% lebih banyak dari laki-laki

5. Lelaki lebih mudah menjadi bahan tertawaan daripada perempuan (lebih banyak anak laki-laki menjadi bahan olok-olokan di sekolah daripada anak perempuan).

6. Contagious Laughter : Kita lebih senang tertawa saat ada orang lain tertawa. Saat sendirian menonton komedi situasi di TV, kita turut tertawa ketika penonton di televisi tertawa. Hal ini disebabkan tawa adalah suatu bahasa yang universal, ekspresi emosi yang sulit untuk dipalsukan atau ditutup-tutupi.

7. Tertawa mengaktifkan berbagai bagian di otak. Bagian otak yang bereaksi terhadap lelucon adalah medial ventral pefrontal cortex, dimana bagian ini turut berperan dalam perkembangan kognitif, kepribadian dan emosi.

8. Semakin besar jumlah anggota kelompok dalam suatu situasi, semakin mudah untuk dibuat tertawa .Karenanya lelucon merupakan ice breaker yang paling efektif

Manfaat tertawa bagi kesehatan

Sebuah studi oleh Janet M. Gibson, seorang profesor psikologi kognitif di Grinnell College, melaporkan beberapa manfaat kesehatan dari tertawa, termasuk meningkatkan kesehatan fisik dan mental, yang dilaporkan dalam Science Alert, Senin (7/12), memberikan hasil.

Manfaat fisik dari tertawa Sejak bayi, kemampuan untuk tersenyum dan tertawa membantu mengembangkan otot dan kekuatan tubuh bagian atas. Tertawa sering kali diterapkan tidak hanya pada pernapasan, tetapi juga pada kombinasi kompleks otot wajah, terkadang dengan gerakan mata, kepala, dan bahu. Tertawa mengaktifkan banyak area di otak, termasuk korteks motorik, yang mengontrol otot. Kemudian membantu untuk memahami konteksnya. Dengan mengaktifkan jalur emosional yang mengangkat, tertawa dapat meningkatkan suasana hati dan melemahkan respons fisik dan emosional. Tertawa, misalnya, membantu mengontrol kadar neurotransmitter serotonin di otak, mirip dengan antidepresan. Dengan melawan ancaman ke otak, itu membatasi pelepasan neurotransmiter dan hormon seperti kortisol, yang dapat merusak sistem kardiovaskular, metabolisme, dan kelemahan seiring waktu. Tertawa seperti penawar stres yang melemahkan sistem ini dan meningkatkan kerentanan terhadap penyakit.

Manfaat lainnya:

1.menghilangkan stress

2.Menghidari rambut cepat berubah

3.Lebih bahagia.

4.Meningkatkan daya tahan tubuh

5.Menyehatkan jantung 


Dampak Tawa Anda | Gaya Hidup

Posted on January 26, 2011 by bundalily

Menangis, menguap, dan tertawa itu ‘menular’, namun tak semua jenis tawa ternyata…

Siapa yang tidak suka tertawa? Tertawa merupakan perwujudan dari keadaan hati yang sedang gembira.

Meski begitu, tak semua tawa bisa menular, dan penelitian membuktikan tawa seorang wanita, itulah yang paling enak didengar.

Sekelompok ilmuwan dari Georgia State University (Atlanta) memperdengarkan sekitar 50 klip rekaman suara orang tertawa terhadap beberapa relawan. Dan, kebanyakan partisipan memberi respon positif terhadap jenis “tawa spontan yang menyeruak keluar lewat mulut terbuka”.

Tertawa ‘ha-ha’ dengan mulut terbuka didapati juga lebih mudah menular ketimbang tertawa terkekeh-kekeh/ tanpa suara. Selain itu, tawa lepas merupakan happy sound yang bisa membuat pendengarnya merasa lebih berbahagia.

Psikolog Professor Michael Owren yang memimpin studi ini mengatakan, “saya kira suara tawa memiliki peranan penting dalam menularkan emosi positif pada orang lain. Dan, meski ada ribuan bahasa dan dialek di dunia ini, namun kenyataan menunjukkan bahwa setiap orang tertawa dengan cara yang sama.”

Nah, jadi jangan ragu lagi untuk tertawa yang tulus dari dalam hati, karena dampaknya akan sangat baik bagi lingkungan sekitar kita, bukan hanya untuk diri sendiri.

Banyak fakta tentang tertawa tapi jangan berlebihan bisa bisa perut sakit, hehehee.

Bercanda semoga bermanfaat 

nipon-eden
nipon-eden Minna blog informasi senikmat madu

Post a Comment for "8 Fakta Tentang Tertawa"